Penyebab dan Bahaya Penyakit Trigliserida Tinggi

Penyebab dan Bahaya Penyakit Trigliserida Tinggi

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang bisa di temukan di dalam darah, lemak ini adalah hasil dari kalori ekstra yang berasal dari makanan dan sering disemut lipid. Kalori memang sangat dibutuhak oleh tubuh, gunanya adalah sebagai sumber energi tubuh manusia.

Penyebab dan Bahaya Penyakit Trigliserida Tinggi

Namun jika jumlahnya berlebihan, kalori yang tersisa akan di simpan dalam bentuk lipid di dalam tubuh. Jika jumlah kalori yang anda konsumsi dari makanan terlalu berlebihan, maka ini akan menyebabkan kadar Trigliserida tinggi yang sering dikenal juga sebagai hipertrigliseridemia.

Baca Juga : Bahaya Alkohol Untuk Darah Tinggi

Jika anda ingin mengetahui tentang berapa banyak kadar Trigliserida yang berada di dalam tubuh anda, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan tes darah. Jika hasil yang diperoleh menunjukan kadar Trigliserida anda sekitar 150 mg per desiliter, berarti Trigliserida anda masih dalam kondisi normal. Tetapi jika dari hasil tes menunjukan kadar Trigliserida anda mencapi anda 200-499 mg per desiliter atau bahkan mencapai angka 500 mg per desiliter, maka kadar Trigliserida anda sangat tinggi dan berbahaya.

Dengan kadar Trigliserida yang tinggi, tentu anda sangat perlu waspada karena akan sangat membahayakan keseahatan anda. Tingginya kadar Trigliserida dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke ataupun serangan jantung hingga kematian. Pada umumnya kondisi ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk dan bisa juga disebabkan karena adanya masalah medis tertentu.

Faktor Penyebab Tingginya Kadar Trigliserida

Berikut ini adalah daftar beberapa faktor penyebab tingginya kadar Trigliserida di dalam darah anda diantaranya:

*Diabetes tipe 2 yang tidak terkontrok
*Diet lemak, karbohidrat dan gula
*Kadar hormon tiroid rendah (Hypothyroidism)
*Sering mengkonumsi alkohol
*Kelebihan lemak di perut
*Obat-obatan
*Penyakit ginjal kronis

Itulah beberapa faktor penyebab tingginya kadar Trigliserida di dalam darah. Kebiasaan memakan makanan yang tidak sehat juga menjadi faktor pemicu naiknya kadar Trigliserida dalam tubuh.

Sangat penting sekali bagi anda untuk mengetahui tentang bahaya dari kelebihan kadar Trigliserida dalam darah, karena jika anda menderita hipertrigliseridemia.

Maka anda akan lebih berisiko untuk terkena aterosklerosis atau penebalan dinding arteri. Jika kondisi ini menimpa anda, maka anda akan lebih berpeluang untuk terserang stroke, serangan jantung yang dapat meningkat secara signifikan.

Kadar Trigliserida yang tinggi juga bisa menjadi tanda dari penyakit lain seperti pankreatitis, Sindrom metabolik, obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit hati, hipiotioidisme, diabetes, penyakit ginjal atau bisa juga disebabkan oleh faktor obat-obatan tertentu.

Untuk mencegah naiknya kadar Trigliserida di dalam darah anda. Maka anda harus menjaga pola makan dan menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, serta berolahraga dengan teratur agar pembakaran lemak didalam tubuh dan metabolisme tubuh berjalan dengan lancar.

Postedby: www.situskesehatan.net

Tulisan ini dipublikasikan di KESEHATAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *