Manfaat Kandungan Cabai Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

Cabai Jawa

Manfaat Kandungan Cabai Jawa Bagi Kesehatan Tubuh -, Memiliki nama ilmiah piper retrofractum vahl atau yang lebih kita kenal dengan sebutan cabai jawa. Cabai jawa sendiri merupakan suatu rempah khas Indonesia yang masih satu kerabat dengan kemukus dan juga lada. Rempah jenis cabe jawa termasuk kedalam golongan suku sirih-sirihan (piperaceae)

Nama-nama lokalnya sendiri adalah  cabai jamu, cabai solak serta cabia. Cabai jenis ini memang agak sedikit berbeda jenis cabai lainnya karena cabai jawa ini lebih condong pada jenis lada-ladaan. Proses pengolahan dari cabe ini juga dilakukan dengan cara dikeringkan.

Karena dengan cara dikeringkan cabe jawa ini akan lebih terlihat manfaat dan juga kegunaanya. Cabe jawa sering digunakan sebagai rempah didalam masakan dan juga digunakan untuk pengobatan herbal alternatif.

Baca Juga : Manfaat Buah Belimbing Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah cabe jawa ini mengering, seringkali untai kering nya dianggap sama dengan lada panjang (piper longum). Sehingga terkadang orang akan memanggil cabe jawa tersebut dengan sebutan lada panjang.

Tumbuhan ini malah lebih sering ditanam dipekarangan dengan tujuan untuk dijadikan sebagai bahan obat herbal. Ternyata sebelum tanaman cabai (capsicum spp) datang ke Indonesia, tanaman cabe jawa lah yang digunakan sebagai pemedas  dari suatu masakan.

Tanaman ini sebenarnya telah sejak lama dikenal oleh orang Romawi, namun semenjak adanya keberadaan lada fungsi dari cabe jawa sedikit tergeserkan. Cabe jawa ini sendiri bisa hidup pada dataran 0-600 mdpl, Dengan tanah gembur dan sedikit berpasir.

Kandungan dan Manfaat Cabai Jawa

Selain itu ternyata cabai jawa ini mempunyai keunggulan dapat hidup pada lahan yang kering dan juga berbatu. Cabe Jawa memiliki kandungan minyak asitri, piperidina, hars, nutrisi pati, pipernia, serta minyak lemak. Kandungan-kandungan tersebut akan menghasilkan senyawa turunan yang berfungsi untuk :

  1. Karminatif

Senyawa ini akan membantu mengatasi sakit perut, keram perut dan juga perut kembung.

  1. Stomatika

Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Ekspektoran

Senyawa ini berfungsi untuk mengatasi batuk berdahak, bronkhitis, pilek dan juga asma.

  1. Diuretika

Senyawa ini akan berfungsi untuk melancarkan fungsi saluran kencing, membantu ginjal untuk mengeluarkan racun di dalam dirinya dan membantu pembentukan urine serta mempercepat proses pengeluarannya

  1. Kolagoga

Senyawa ini akan berfungsi untuk menghancurkan batu empedu, meluruhkan kristal pada batu ginjal dan juga asam urat.

  1. Daiforetik dan Sudoropik

Senyawa ini mampu membantu melancarkan pengeluaran keringat, menurunkan demam tinggi, meriang, influenza, melancarkan peredaran darah, meringankan sakit kepala dan juga mengatasi anemia.

Itulah 6 senyawa turunan aktif yang sangat baik untuk mengembalikan fungsi tubuh kita secara baik. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : www.situskesehatan.net

Tulisan ini dipublikasikan di KESEHATAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *