Manfaat Buah Belimbing Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing Manis

Manfaat Buah Belimbing Manis Bagi Kesehatan Tubuh-, Belimbing manis merupakan tanaman sepanjang tahun, karena belimbing ini mampu menghasilkan buah tanpa harus menunggu musimnya tiba. Buah belimbing ini memiliki nama ilmiah yaitu Averrhoa carambola L. Buah belimbing adalah buah yang memiliki bentuk yang cantik dan unik menyerupai bentuk bintang ketika di potong.

Sehingga dalam bahasa Inggris buah ini disebut dengan starfruit atau buah bintang. Ternyata, buah ini merupakan tanaman asli dari bumi pertiwi dan juga dari India serta dari Sri Langka. Hingga saat ini penyebaran buah ini pun telah meluas ke berbagai penjuru dunia. Sejak tahun 2007 Indonesia melakukan penanaman komersial di wilayan Depok. Sedangkan di manca negara penenam yang di lakukan secara komersial dilakukan di Hawaii, Florida Selatan, USA.

Manfaat dan Kandungan Buah Belimbing Manis

Buah belimbing adalah jenis buah yang tak merepotkan bila dikonsumsi. Karena buah ini bisa langsung dimakan mentah-mentah tanpa harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Karena dengan mengonsumsi buah belimbing tanpa melalui proses pengolahan, maka akan mempertahankan kandungan vitamin C secara utuh untuk menghasilkan antioksidan. Sehingga dapat memerangi radikal bebas dan mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Mengatasi Maag Dengan Minyak Zaitun

Kandungan pektin di dalam buah belimbing mampu mengikat dan mengeluarkan kolesterol dan asam empedu di dalam tubuh. Efek pengeluaran kolesterol dan batu empedu tersebut maka akan membantu tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan yang ada. Sedangkan kandungan kalium yang tinggi berbanding terbalik dengan kandungan senyawa natrium yang rendah akan baik dalam menjauhkan tubuh Anda dari gangguan hipertensi.

Ternyata pemanfaatan dari belimbing tidak berhenti pada buahnya saja. Daun, bunga serta akarnya pun dipercaya mampu mencegah penyakit malaria, mengobati penyakit maag, bisulan reumatik serta dipercaya mampu mengempiskan jerawat yang sedang meradang. Namun dibalik semua manfaat belimbing tersebut ternyata belimbing mempunyai efek yang negatif juga terhadap tubuh. Kandungan gula yang sangat tinggi di dalam belimbing ini sangat beresiko sekali terhadap penderita diabetes. Karena itu buah belimbing ini sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menderita diabetes.

Selain kandungan gulanya yang tinggi, ternyata buah belimbing ini mempunyai kandungan asam oxalat yang terlampau tinggi. Asam oxalat sendiri apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka akan berpengaruh terhadap penyakit seseorang menjadi tambah parah. Ada pula yang mengatakan bahwa di dalam buah belimbing terkandung racun yang tidak dapat disaring sehingga akan merusak fungsi ginjal.

Dari itu kita harus mulai menyadari bahwa mengonsumsi sesuatu secara berlebihan itu memang tidak pernah berbuah baik untuk siapapun. Semoga semua uraian yang telah dibahas dapat diambil kesimpulan yang baiknya. Terimakasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca dan semoga bermanfaat.

Sumber : www.situskesehatan.net

Tulisan ini dipublikasikan di KESEHATAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *