Macam Macam Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri

Macam Macam Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri

Macam Macam Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri,- Bakteri merupakan salah satu kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel. Organisme ini memiliki prokariota dan domain yang sangat kecil (mikroskopik), dan juga mempunyai peran yang sangat besar dalam kehidupan dibumi. Adapun beberapa kelompok dari bakteri ini yang dikenal sebagai agen penyebab dari adanya infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok yang lainnya dapat memberikan manfaat pada bidang seperti makanan, obat-obatan, dan industri. Struktur sel bakteri relatif cukup sederhana: tanpa nukleus/inti, kerangka sel, dan organel lainnya seperti mitokondria dan kloroplas. Ini adalah perbedaan mendasar antara sel prokariotik dengan sel eukariotik akan lebih kompleks.

Bakteri bisa ditemukan hampir dimana-mana, seperti di tanah, air, udara, dalam simbosis dengan organisme dan agen parasit (patogen), bahkan terdapat juga di dalam tubuh manusia. Secara umum, ukuran 0,5-5 m bakteri, namun ada juga bakteri tertentu yang dapat mencapai 700 m dengan diameter, yang Thiomargarita. Mereka pada umumnya mempunyai dinding sel, seperti sel tumbuhan dan jamur, namun dengan prekursor sangat berbeda (peptidoglikan). Adapun beberapa macam jenis bakteri yang motil (bisa bergerak) dan mobilitas adalah karena flagel tersebut.

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri

1.Diare

Penyakit diare, merupakan salah satu penyakit yang berasal dari kontaminasi makanan oleh bakteri escherichia coli.

2.Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Penyakit TBC diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri Mycobacterium tubercolosis. Penyakit TBC ini bisa menular melalui air ludah penderita yang dipercikan pada suatu ruangan dalam waktu yang sangat lama, dan setelah itu terhirup oleh orang lain.

3.Penyakit tetanus

Penyakit tetanus disebabkan oleh adanya bakteri Clostridium tetani dan penderitanya akan mengalami kekakuan otot. Bakteri Clostridium tetani termasuk juga bakteri anerob yang hidup dalam kondisi lingkungan tanpa oksigen untuk dapat berkembangbiak.

4.Penyakit kusta

Penyakit kusta dapat diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri kusta ini sering ditemukan pada tangan, daun telinga ataupun mukosa hidung. Penyakit kusta bisa menular melalui hubungan dekat dengan penderita dalam jangka waktu yang sangat lama.

5.Penyakit kolera

Penyakit kolera ini merupakan penyakit menular pada saluran pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Bakteri Vibrio cholerae ini dapat masuk kedalam tubuh melalui air yang kita minum dan terkontaminasi oleh sanitasi yang tidak baik atau dengan memakan ikan yang tidak di masak dengan benar.

6.Difteri

Pada penyakit ini biasanya menyerang pada remaja dan orang dewasa. Difteri bisa diakibatkan oleh bakteri Corynebacterium Diphtheria. Terdapat dua tipe dalam penyakit Difteri ini, antara lain yaitu tipe respirasi yang dapat disebabkan oleh bakteri tersebut yang memproduksi toksin dalam jumlah yang berlebihan dan bisa menimbulkan gejala bahkan menyebabkan kematian, dan bentuk kedua adalah tipe kutan yang dimana bakteri tersebut memproduksi toksin dalam jumlah yang kecil dan menimbulkan gejala difteri ringan.

7.Pes

Baca Juga : Jenis Macam Macam Penyakit Kronis

Penyakit pes diakibatkan oleh adanya bakteri Yersinia Pestis. Bakteri ini sangat banyak ditemukan pada hewan pengerat seperti kelinci dan tikus. Pada penyakit ini dapat ditularkan melalui gigitan atau bersentuhan langsung dengan tikus liar dan penularan dari manusia lainnya bisa terjadi melalui percikan air liur dari pengidap pes.

8.Meningitis

Penyakit meningitis disebabkan oleh adanya bakteri yakni bakteri Neisseria meningitis yang dapat menginfeksi selaput otak. Bukan hanya bakteri saja yang mengakibatkan meningitis tetapi dengan adanya virus dan organisme lain juga dapat menyerang selaput otak.

Penderita meningitis akan menunjukan gejala kaku pada leher yang disertai dengan sakit kepala, demam, kebingungan, muntah, dan perubahan kesadaran. Penderita meningitis juga sangat sensitif terhadap cahaya matahari dan suara keras.

9.Leptospirosis

Penyakit Leptospirosis diakibatkan oleh bakteri Leptospira sp. yang dapat ditularkan melalui hewan ke manusia atau sebaliknya.

Bakteri Laptospira sp. berbentuk benang dan bisa menginfeksi hewan dan manusia. Infeksi yang terjadi pada manusia biasanya sering terjadi karena adanya kontak dengan air, tanah, atau lumpur yang sudah tercemar dengan bakteri tersebut. Dengan adanya kontak langsung dengan urine, kulit, atau darah hewan yang terinfeksi dapat mengakibatkan penularan penyakit pada leptospirosis.

10.Pertusis

Penderita pertusis ini dapat mengalami bantuk rejan tiada henti karena saluran pernafasan terinfeksi bakteri Bordetella pertusis.

Penularannya melalui udara pada saat penderitanya bantuk dan terhirup oleh orang lain dan selai itu air liur juga dapat menularkan penyakit tersebut.

Sumber : www.situskesehatan.net

Tulisan ini dipublikasikan di KESEHATAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *