Cara Mengobati Penyakit Sinusitis

PENYAKIT SINUSITIS

 Hasil gambar untuk sinusitis

Pengertian Penyakit Sinusitis

Sinusitis yaitu sejenis penyakit radang yang menyerang sinus. Sinus merupakan saluran pada tulang tengkorak yang menghubungkan rongga hidung dan rongga mata. Kata sinusitis berasal dari kata sinus yang mendapat akhiran itis. akhiran itis dalam dunia medis berarti peradangan. Hal ini bisa dilihat bahwa setiap penyakit radang pada tubuh selalu berakhir dengan itis. Contohnya Arthritis (radang sendi), Meningitis (radang nembran otak) dll.

pada rongga hidung ada 4 sinus :

  1. Sinus Frontalis yang terletak di dahi tepat diatas alis mata.
  2. Sinus Etmoidalis terletak di hidung yang berada tepat di bagian tengah kedua mata dan merupakan jenis sinus yang paling penting diantara semuanya, karena merupakan fokus infeksi bagi sinus-sinus yang lain
  3. Sinus Spenoid terletak dibelakang dahi, yaitu di belakang sinus etmoidalis
  4. Sinus Maksilaris terletak di pipi, merupakan jenis sinus yang paling besar diantara sinus-sinus lainnya.

Penyebab Penyakit Sinusitis

  1. Virus

Umumnya infeksi sinus dimulai saat udara dingin. pilek penyebabnya karena virus, yang dapat membuat jaringan hidung membengkak, menghalangi lubang yang biasanya mengeluarkan cairan sinus.

Jika infeksi sinus anda disebabkan virus, antibiotik tidak akan membantu karena obat ini membunuh bakteri saja. Gejala anda mungkin akan membaik sekitar 7 hari atau lebih.

  1. Alergi

Karena peradangan dapat menutup saluran hidung dan mencegah pengeringan, alergi sering dikaitkan dengan sinusitis. Hingga penelitian menunjukan bahwa pasien sinusitis yang mempunyai alergi cenderung menderita sinusitis yang lebih kompleks.

  1. Bakteri

Bakteri penyebab sinusitis ketika flu tidak berhenti dalam 10-15 hari, bakteri mungkin berperan didalamnya

Infeksi bakteri jarang menyebabkan sinusitis, namun hampir selalu menjadi faktor komplikasi, infeksi sekunder. Dalam kasus ini, kemungkinan besar bakteri streptococcus pneumoniae atau haemophilus influenzae.

Bakteri ini mengintai orang sehat

  1. Polip

Polip yaitu daging tumbuh yang berkembang pada hidung atau sinus dan bisa menyebabkan rongga sinus menajdi tertutup, mencegah lendir mengering dan menyebabkan penyakit sinusitis. Polip juga bisa membatasi bagian saluran udara, yang pada gilirannya dapat memicu sakit kepala

Gejala Sinusitis

Gejala utama sinusitis adalah nyeri, terutama pada sinusitis akut. Rasa nyeri bisa muncul pada bagian-bagian wajah yang berbeda, tergantung sinus mana yang terkena. Daerah utama yang menjadi lokasi nyeri sinus adalah:

– Pada dahi

– Bagian atas rahang, gigi dan pipi

– Di antara kedua mata

– Kepala bagian atas

– Telinga.

Gejala sinusitis lainnya meliputi:

– Hidung buntu atau tersumbat

– Indera penciuman calon penderita menurun atau tidak bisa mencium bau

– Lendir hijau atau kuning, yang bisa mengalir dari bagian belakang hidung menuju ke kerongkongan

– Demam, terutama pada sinusitis akut.

Gejala kurang umum lainnya dari sinusitis yaitu :

– Rasa lelah

– Batuk

– Sakit tenggorokan

– Bau mulut

– Sakit gigi

Bahaya Penyakit Sinusitis

Sebagai penyakit yang sering dan umum terjadi di alami oleh masyarakat Indonesia, radang sinusitis ternyata menyimpan banyak bahaya bagi kesehatan. Penyakit yang biasanya disebabkan karena infeksi virus dan bakteri ini mempunyai ciri atau gejala seperti pilek yang berkepanjangan, ingus yang berwarna kuning atau kehijauan, demam, dan pada bagian wajah tertentu terasa sakit jika di tekan.

Penyakit sinusitis yang sudah kronis bisa menyebabkan beberapa komplikasi, mulai dari infeksi pada tulang atau osteomielitis hingga komplikasi yang paling parah adalah peradangan yang bisa menyebar ke otak sehingga memicu terjadinya penyakit meningitis atau radang otak.

Bahaya penyakit sinusitis memang sangat menakutkan, maka dari itu penting rasanya untuk melakukan pengobatan penyakit radang sinus yang cepat dan juga tepat

Baca juga : Cara Mengobati Pneumonia

Beberapa Makanan Buah Buahan Untung Sinusitis

  1. Nanas

Karena kandungan enzim yang terkandung pada buah nanas yaitu enzim bromelain mampu mencerna protein dan bersifat anti inflamasi sehingga membuat lendir berkurang atau ingus pada peradangan berkurang.

  1. Pir

Buah pir mengandung banyak kandungan baik untuk kesehatan tubuh diantaranya Vit B2, C, E, kalium dan tembaga yang dipercaya sebagai zat anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan

  1. Alpukat

Lemak baik yang terkandung dalam alpukat ini nyatanya mengandung khasiat sebagai anti inflamasi sehingga sangat baik dalam meringankan penyakit sinusitis

  1. Apel

Dengan mengandung berbagai nutrisi diantara vit  A, B1, B2, E, kalsium dan magnesium apel dapat membantu membersihkan rongga sinus dari bakteri maupun virus

  1. Kelapa

Manfaat yang akan anda dapatkan lainnya ialah kekebakan tubuh meningkat sehingga terhindar dari serangan penyakit

  1. Anggur

Memiliki berbagai kandungan vitamin, zat besi, potasium, kalsium.

  1. Strawberry

Kandungan yang bermanfaat dari buah ini yaitu untuk kesehatan tubuh diantaranya vit A, B, B2, B3, B5, B6, C, asam folat, beta karoten, kalsium, magnesium, seng, sodium potasium dan besi

Pantangan Makanan/Minuman Sinusitis

Selain makanan yang bisa memicu alergi Anda, seperti seafood (kerang, kepiting, udang, lobster, dll), telur, kacang-kacangan dan lainnya, berikut adalah makanan dan minuman lainnya yang masuk dalam list pantangan makanan untuk penderita sinusitis. Diantaranya:

– Makanan dan minuman dingin. Salah satunya es krim

-Minuman yang mengandung soda, minuman penambah energi, dan minuman berkarbonasi lainnya

– Minuman beralkohol. Seperti bir, wine, tuak, dll

– Minuman berkafein. Seperti kopi, cokelat, dll

– Makanan berictarasa pedas

– Hindari juga penggunaan bumbu rempah yang menyengat. Seperti: merica, cabai, pala, dll.

– Makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet

Selain makanan di atas, Anda penderita sinusitis juga sebaiknya menghindari konsumsi produk susu dan olahannya seperti keju, yogurt, dan mentega. Makanan itu dapat mengakibatkan penebalan dahak yang memjadikan Anda semakin merasa tidak nyaman.

Disamping mememelihara asupan makanan, Anda juga harus mengatur pola istirahat Anda. pastikan Anda tidak tidur terlalu malam dan hindari sress yang berlebihan. Usahakan juga untuk melakukan olahraga ringan secara rutin. Setidaknya selama 30-45 menit sehari

Cara Pengobatan

  1. Konsumsi air hangat

Salah satu pengobatan sederhana untuk sinusitis adalah mengkonsumsi makanan maupun minuman yang hangat. Cara kerjanya ialah terletak dari rambut silia yang akan mengeluarkan lendir yang menempel pada rambut silia.

  1. Menghirup uap air hangat

Siapkan satu gayung air panas yang sudah dicampur dengan sedikit garam dapur sebagai cara menyembuhkan sinusitis. Anda cukup menghirup uap yang keluar dari air panas tersebut. Apabila kuat, anda bisa memakai handuk yang dililitkan di kepala agar uap air panas terkumpul. Lalu anda bisa menghirupnya sebanyak 20 – 30 kali dalam 20 menit. Lakukan cara ini tiga kali dalam sehati hingga sinus anda mereda.

  1. Kompres air hangat ke muka

Penyakit sinusitis dan pengobatannya bisa juga dilakukan dengan mengkompres air hangat ke bagian sekitar pipi. Gunakan handuk ukuran kecil dan masukan kedalam air hangat, lalu kompres wajah anda. Cara tersebut dapat mendorong rambut silian agar mengeluarkan lendir yang menumpuk di bagian bawah mata dan sekitar hidung.

Selain melakukan ketiga hal diatas, anda pun bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang berbahan teripang. Anda bisa memakannya mentah-mentah maupun mengkonsumsi dalam bentuk ekstrak yang sering dijual di apotik.

Anda pun disarankan untuk memperbanyak konsumsi vitamin C agar sistem imun anda terjaga. Vitamin C bisa anda dapatkan dari ekstrak buah jeruk maupun jambu biji.

Sumber : http://www.situskesehatan.net

Tulisan ini dipublikasikan di Terapi Pengobatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *