Cara Mengobati Penyakit Eksim

PENYAKIT EKSIM

Hasil gambar untuk eksim

 

Eksim

Yaitu peradangan pada kulit yang membentuk warna kemerahan, eksim ini terasa gatal, seperti gelembung cairan dan terjadi penebalan. Bahkan sering memunculkan pigmentasi dan pengerasan kulit, meski begitu eksim bukan kelompok penyakit yang menular

Penderita eksim biasanya mempunyai kulit yang kering serta sensitif dan mudah merasa gatal, kulit kering dan sensitif peka terhadap radang yang menyebabkan gatal sehingga kulit akan digaruk dan kemudian memicu peradangan yang lebih parah dan akhirnya menyebabkan gatal yang parah juga.

Bagian bagian kulit yang mudah terpengaruh eksim yaitu pergelangan kaki, pergelangan tangan, punggung tangan, permukaan atas kaki, Lipatan pada tangan dan kaki, juga lipatan lainnya seperti siku dalam

Penyebab eksim

Kulit sehat mampu mempertahankan kelembapan dan perlindungan terhadap bakteri, iritasi dan alergen. Berikut ini adalah suatu penyebab eksim yaitu terkait dengan variasi gen, terajdi kekurangan protein kulit tertentu yang disebut filaggrin yang mempengaruhi kelembapan kulit. Hal ini memungkinkan kulit terkena dampak faktor lingkungan, alergen, dan iritasi.

Pasien dengan dermatitis atopik juga mempunyai temuan imunologis abnormal seperti tingkat antibodi IgE yang meningkat dan imunitas seluler yang tidak berfungsi dengan baik sehingga terjadi kesulitan dalam melawan infeksi virus, bakteri dan jamur tertentu

beberapa faktor resiko penyakit ini yaitu :

– Pakaian wol yang kasar

– Berkeringat

– Sarung tangan karet atau sarung tangan plastik

– Mandi atau cuci tangan secara berlebihan serta pengeringan kulit berulang (seperti yang terjadipada profesi yang sering memegang makanan atau profesi lain yang sering mencuci tangan).

– Riwayat keluarga yang memiliki eksema

– Memiliki riwayat penyakit alergi, rhinitis alergi, dan asma

– Bakteri staphylococcus

– Sabun, zat pelarut, dan deterjen

– Pemakaian lotion yang tidak cocok

Gejala eksim

Biasanya gejala khas pada penyakit eksim yaitu timbulnya ruam yang gatal dikuti warna kemerahan dengan ukuran yang berbeda. Pada sebagian pasien, ruam memmiliki sensasi terbakar, terutama dibagaian kelopak mata, Pada orang dewasa, ruam yang sudah lama dan sering digaruk akan menyebabkan plek tebal pada kulit

Ruam bisa ditemukan dibagian tubuh manapun, terutama leher, lipatan lengan, dan lipatan kaki. Tidak menutup kemungkinan jgua ruam dapat timbul pada kulit bagian kelopak mata sehingga menimbulkan gejala seperti bengkak, kemerahan, dan susah menutup mata. Pada bayi ruam bisa timbul pada bagian pipi dan sekitar wajah lainnya. tetapi pada area kulit kepala, kulit telapak tangan, dan telapak kaki, dan juga dengan kulit telinga luar

Bilapun ada gejala yang timbul pada daerah tersebut, kemungkinan terjadi kondisi lain seperti infeksi jamur, kutu atau dermatitis kontak alergi.

Bahaya penyakit eksim

Dalam gaya hidup :

– Kekurangan percaya diri. Tak sedikit dari penderita eksim atau baik itu anak anak maupum orang dewasa merasa malu terhadap keadaan kulitnya. Ruam serta permukaan kulit yang kasar bisa mengganggu kepercayaan diri mereka. Melakukan penanganan yang tepat serta mengurangi tingkatan stres dapat membantu meringankan kondisi ini.

– Mempersulit aktivitas olahraga. hal tersebut tentu karena rasa gatal yang di sebabakan oleh eksim. Dan sebagai akibatnya tidak sedikit penderita eksim yang menghindari aktivitas fisik ini. Namun sebagai alternatifnya, anda bisa melakukan aktivitas olahraga di ruangan yang ber-AC untuk menghindari badan anda berkeringat, yang menjadi pemicu rasa gatal muncul.

– Bullying. Hal ini pada umumnya banyak di alami pada anak-anak dalam usia sekolah. Mereka mungkin akan mendapat ledekan dari teman-teman seusianya karena eksim atopik yang mereka derita. Hal tersebut bisa saja menjadi traumatis pada anak-anak. Mereka juga mungkin menjadi pendiam dan tertekan.

– Kesulitan tidur. Masalah yang satu ini juga pada umumnya di alami oleh penderita eksim. Kekurangan tidur sendiri pada umumnya dapat mempengaruhi mood, perlaku serta membuat sulit untuk berkonsentrasi pada pelajaran maupun pekerjaan.

Dalam medis :

– Infeksi. Infeksi bakteri merupakan resiko kesehatan penderita eksim atau dermatitis atopik, infeksi bakteri seperti staphylococcus aureus aatu skin colonization. kebanyakan mereka yang tengah menderita eksim memiliki balkteri ini, yang sangat beresiko menimbulkan infeksi dan memperburuk kondisi eksim anda. Selain itu infeksi virus juga sangat rentan dialami oleh penderita eksim. sebagai contoh terinfeksi virus herpes simplex, infeksi virus vaccinia dan lain sebagainya. Dan adapun gejala infeksi pada penderita eksim adalah kulit kemerahan, benjolan yang bernanah, terdapat luka dan gatal gatal di sekitar mulut.

– Asma dan hay fever. Kondisi ini sangat rentan muncul setelah eksim atopik terjadi.

– Dermatitis kontak. Kondisi tersebut juga dapat dialami oleh mereka yang tengah mengalami eksim atopik. Hal tersebut di karenakan banyak unsur atau senyawa yang membuat kulit mengalami reaksi alergi.

– Dermatitis tangan. Kondisi ini bisa di alami oleh penderita eksim yang menggunakan tangannya dan terpajan secara langsung dengan sabun keras, detergen atau bahan kimia.

– Bekas luka. Menggaruk kulit yang terkena eksim secara konstan dapat menimbulkan bekas luka. Karena satu-satunya cara untuk mencegah bekas luka adalah dengan tidak menggaruk kuklit. Bekas luka sendiri akan terlihat pada saat kulit telah sembuh dari penyakit eksim. Bahkan bekas luka tersebut juga dapat membuat permukaan klulit lebih timbul hingga bekas luka permanen pada bagian kulit yang teriritasi.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Bronkitis

Makanan yang baik untuk penderita eksim

Apabila anda kini ingin secepatnya mendapat kesembuhan dari penyakit eksim yang kini sedang anda alami, selain dengan melakukan pengobobatan yang tepat imbangi juga nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melawan penyakit. Karena setidaknya da beberapa jenis maakanan yang bisa mengurangi peradangan kulit yang disebabkan oleh eksim. yang diantarannya adalah sebagai berikut :

  1. Ikan dan biji bijian

mengadung asam lemak omega-3 juga sangat baik untuk kesehatan penderita eksim

  1. kentang

Hal tersebut di karenakan di dalamnya juga terkandung berbagai senyawa alami lainnya seperti vitamin C dan juga kalium yang mana kedua kandungan tersebut mampu menenangkan kondisi kulit penderita eksim.

  1. Buah pisang

Buah pisang di ketahui memiliki 3 kandungan nutrisi utama berupa kalium, magnesium, dan vitamin C.  Dan adapun ketiga nutrisi ini  sangat baik untuk mendorong perbaikan kulit penderita eksim. Di samping itu, kandungan tersebut juga mampu mengurangi rasa gatal akibat penyakit kulit tersebut.

  1. Daun bawang

Di dalamnya terkandung senyawa yang mampu mengurangi kadar histamin dalam tubuh dan juga memiliki sifat antiinflamasi

  1. yogurt

Di dalam yogurt sendiri di kenal memiliki probiotik atau bakteri baik, yang mana bakteri baik tersebut bagus untuk mengurangi dampak buruk eksim pada kesehatan kulit.

  1. Teh chacomile

Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung sifat antiinflamasi serta dapat menenangkan kulit.

Pantangan makanan penyakit eksim

  1.  Olahan makanan dengan tepung terigu

Karena tepung terigu ini mampu merusak lapisan usus sehinggda dapat mencegah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh penderita eksim.

  1. ikan dan daging dagingan

Didalam kedua makanan tersebut , terkandung kandungan yang mampu memicu dampak alergi pada penderita eksim. Sehingga kondisi ini dapat memperburuk kondisi eksim tersebut.

  1. Seafood

makanan laut (seafood) ini memiliki kandungan yang dapat merangsang munculnya alergi bagi penderita eksim.

  1. Telur

Karena didalam telur terdapat kandungan yang mampu merangsang alergi sehingga dapat memicu munculnya masalah di kulit dan memperburuk kondisi eksim.

  1. Kacang dan kacang kedelai

Ini semua tidak terlepas dari kandungan dalam kacang yang dapat memicu munculnya reaksi alergi yang dapat memperburuk kondisi ruam pada kulit.

  1. susu sapi

Meskipun tidak seluruh penderita eksim akan menunjukan reaksi alergi pada susu sapi, sebagian besar penderita mengeluhkan munculnya rasa mual dan juga sakit kepala setelah mengonsumsi susu. Susu sapi juga mengakibatkan munculnya bintik merah pada kulit setelah terjadinya ruam.

Cara pengobatan eksim dengan cara alami

  1. Oatmeal

Oatmeal, nyatanya memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gatal akibat eksim.

– Siapkan selembar kain tipis dan bersih serta oatmeal kering. Tuang 3 sendok oatmeal ke dalam kain tersebut, lalu ikat oatmeal di dalam kain menyerupai bundel kecil.

– Tampung air yang akan Anda pakai mandi. Kemudian Anda bisa memasukan bundel kain yang berisi oatmeal ke dalam bak mandi yang telah diisi air. Rendam selama kurang lebih 15 menit.

– Angkat bundel oatmeal tersebut, lalu gosok ke bagian tubuh yang terkena eksim. Anda juga bisa membilas tubuh dengan air bak mandi, yang sebelumnya berisi bundel oatmeal.

– Lakukan rutin metode oatmeal ini, hingga gatal eksim mereda dalam beberapa waktu.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat anti jamur, antioksidan, anitimikroba, anti bakteri

minyak kelapa jgua mengandung asam laurat, vit E dan K yang membantu memerangi gatal dan menghasilkan efek sejuk di kulit

– Anda bisa oleskan langsung minyak kelapa ke kulit yang gatal. Balurkan beberapa kali dalam sehari, lebih sering lebih baik untuk meredakan gatal.

– Anda juga bisa mengonsumsi 2 sampai 4 sendok makan minyak kelapa murni setiap hari untuk membantu meringankan gejala eksim dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan. Bisa dengan meminum langsung minyak kelapa atau mencampurnya dengan makanan atau minuman Anda.

Sumber : http://www.situskesehatan.net

Tulisan ini dipublikasikan di KESEHATAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *