Blackcurrant Untuk Asam Urat dan Kesehatan Lainnya

Blackcurrant Untuk Asam Urat dan Kesehatan Lainnya

Blackcurrant Untuk Asam Urat,- Buah blackcurrant atau yang dikenal juga dengan Ribes nigrum adalah tanaman yang memiliki buah bulat dengan warna gelap keunguan. Buah yang satu ini berasal dari Eropa dan mulai menyebar ke Asia Utara. Blackcurrant juga memiliki bentuk yang mirip dengan buah anggur namun ukuran buah blackcurrentlebih kecil.

Blackcurrant Untuk Asam Urat dan Kesehatan Lainnya

Disamping bentuk dan warna buah yang dimiliki, blackcurrant ini mengandung banyak nutrisi yang menguntungkan bagi tubuh. Bagaimana tidak, buah mungil ini mengandung vitamin, asam lemak omega 3, serat, mineral, antioksidan dan flavonoid. Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi dapat mencegah sejumlah penyakit.

Adapun khasiat dan manfaat dari bua blackcurrant adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi resiko terinfeksi kanker

Adanya sifat anti-karsiogenik yang dimiliki oleh blackcurrant sangat efektif dalam mengurangi resiko serangan kanker. Sifat itu hadir karena adanya antioksidan yang berasal dari vitamin C, beta-karoten, cryptoxanthin dan zeaxanthin.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi buah blackcurrant secara teratur, kesehatan jantung mampu dijaga dan akan mengurangi resiko untuk terkena stroke, serangan jantung dan ganggan pada irama jantung. Pasalnya dalam buah blackcurrant ini terdapat polifenol seperti flavonoid.

  1. Mengontrol tekanan darah tinggi dan menurunkan asam urat

Resiko darah tinggi akan berkurang jika buah yang satu ini dikonsumsi secara teratur. Manfaat dari buah blackcurrant tersebut karena potasium yang berperan sebagai vasodilator yang berfungsi membuat pembuluh darah menjadi elastis dan aliaran darah menjadi lancar.

  1. Membantu melawan infeksi

Khasiat buah blackcurrent yang lainnya adalah melawan infeksi yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Blackcurrent juga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat. Dengan menonsumsi secangkir buah blackcurrant maka kebutuhan vitamin C harian akan terpenuhi.

  1. Mencegah dan mengatasi infeksi saluran kemih

Buah blackcurrent juga bermanfaat dalam mencegah sejumlah infeksi salah satunya infeksi saluran kencing. Hal ini dikarenakan buah blackcurrent mempunyai senyawa kimia yang terdiri dari tanin dan antosianin.

  1. Sangat baik untuk kesehatan mata

Sifat antioksidan yang berasal dari vitamin C ini juga berperan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada mata.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi penderita insomnia, mengonsumsi buah blackcurrent secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Kemampuan tersebut berasal dari kandungan magnesium yang terdapat dalam buah blackcurrent.

  1. Baik mengatasi sejumlah gejala pada menstruasi

Khusus untuk kesehatan wanita, buah blackcurrent ini sangat baik dalam meredakan gejala mentruasi seperti, meredakan nyeri, mengurangi resiko kram dan mengatasi nyeri punggung.

  1. Mencegah flu

Minyak yang berasal dari olahan biji blackcurrent diketahui mempunyai sifat antivirus. Sehingga jika minyak biji blackcurrent ini digunakan sangat efektif untuk mencegah infeksi virus influenza.

  1. Memiliki sifat anti-penuaan

Tanaman blackcurrent yang diolah menjadi minyak mampu mengurangi produksi hormon yang disebut dengan prostagladin E2. Dimana jika hormon tersebut diproduksi secara berlebih dapat membuat seseorang terlihat lebih tua. Hormon E2 akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Itulah 10 manfaat buah blackcurrant yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun bukan merupakan buah asli dari Indonesia, namun blackcurrent sangat mudah ditemui baik dipasarĀ  tradisional maupun di swalayan. Melihat khasiat dan manfaat yang melimpah, tak ada salahnya memasukan buah blackcurrent ke dalam daftar makanan sehat harian.

Tulisan ini dipublikasikan di Terapi Pengobatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *